Beranda > Umum > JANGAN MENCAMPUR TEH DAN SUSU

JANGAN MENCAMPUR TEH DAN SUSU

Minum teh memang baik untuk kesehatan. Mengkonsumsi teh dapat menekan risiko terjadinya penyakit jantung dan stroke, namun hal itu tidak berlaku apabila pada teh tersebut dicampurkan susu, peneliti dari Jerman menyebutkan 8 Januari 2007.
sia-sia saja segudang manfaat teh itu bila dicampur dengan susu, minuman sehat lainnya. Peneliti Jerman menemukan bukti bahwa efek relaksasi beberapa cangkir teh hitam terhadap arteri akan hilang bila terkena susu.

Teh adalah minuman yang paling banyak diminum di dunia setelah air putih. Jumlah peminum teh makin meningkat di sejumlah negara, seperti Amerika Serikat, setelah dilaporkan bahwa orang yang minum teh terhindar dari penyakit jantung dan kanker.
Tapi efek antikanker ini hanya muncul di Asia Timur dan bukan di negara peminum teh spt Inggris.
“Itu karena mereka selalu minum teh dengan susu,” kata Verena Stangl dari Charité Hospital di Berlin.

Stangl dan tim peneliti lainnya menemukan bukti bahwa perempuan paruh baya yang minum ½ l teh hitam Darjeeling memiliki arteri yang lebih kendur dibanding orang yang tidak minum teh.
Relaksasi arteri ini disebabkan oleh peningkatan aliran darah karena teh. Hal ini mencegah terjadinya masalah jantung dan bergantung pada eNOS, enzim yang mensintesis messenger kimia nitro oksida.

Stangl dan timnya menyebutkan bahwa protein yang disebut kasein yang terdapat pada susu dapat menurunkan sejumlah komponen yang terdapat pada teh yang disebut catechin, yang memiliki kemampuan melawan penyakit jantung.

Mereka sangat yakin dengan temuan tersebut, dimana dilaporkan dalam European Heart Journal, yaitu dijelaskan bagaimana negara seperti Inggris yang memiliki kebiasaan mencampurkan teh dengan susu , ternyata tidak menunjukkan penurunan angka risiko penyakit jantung dan stroke.

Riset yang dilakukan Stangl menemukan bahwa protein kasein susu memblokir efek teh. Protein ini secara spesifik mengikat bahan kimia teh yang mengendurkan aorta tikus, terutama katekin, yang disebut EGCG. Katekin adalah sejenis polifenol, bahan kimia yang dianggap bertanggung jawab atas efek menyehatkan dari secangkir teh

Peneliti tersebut menjelaskan bahwa teh dapat meningkatkan aliran darah dan kemampuan dari arteri untuk berelaksasi, namun selanjutnya para ahli yang berasal dari Charite Hospital dari University of Berlin, Mitte menyebutkan susu dapat menghambat efek perlindungan yang dimiliki teh dalam menghambat terjadinya penyakit jantung.

Manfaat minuman teh hitam dapat dihambat secara komplit, saat minuman teh tersebut diberi susu, Dr. Verena Stangi, seorang kardiolog menyebutkan.

Ia mengatakan kepada Reuters bahwa jika ingin mengambil manfaat dari minuman teh untuk kesehatan jantung, jangan menambahkan susu dalam minuman tersebut. Hal tersebut jelas ditunjukkan melalui hasil penelitiannya.

Uji coba juga dilakukan terhadap hewan tikus. Saat tikus tersebut terpapar/diberi teh hitam, maka produksi natrium oksidanya akan meningkat sehingga meningkatkan dilatasi dari pembuluh darah. Sedangkan saat minuman teh tersebut diberi susu efek tersebut terhambat

Teh juga mengendurkan cincin aorta tikus di laboratorium dan meningkatkan aktivitas eNOS yang dikulturkan dalam empat kali lipat sel arteri. Tapi, jika teh itu mengandung 10% susu skim, efek relaksasi itu tidak terlihat pada perempuan ataupun aorta tikus yang diuji.

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4284114

Kategori:Umum
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: