Beranda > Kesehatan, News, Psikologi, Umum > Awas GILA BELANJA merupakan GANGGUAN JIWA

Awas GILA BELANJA merupakan GANGGUAN JIWA

Melbourne, Hati-hati buat yang gila belanja (shopaholics). Para ahli dari Australia mengklaim gila belanja adalah penyakit serius yang berhubungan dengan gangguan mental yang dikenal dengan nama hoarding compulsive.

Hoarding compulsive yaitu suatu dorongan yang kuat untuk mendapatkan barang-barang yang tidak berguna demi sebuah kepuasan atau ketenangan.

“Sekitar 80 persen orang yang memiliki gangguan hoarding compulsive adalah seorang yang gila belanja (shopaholics) yang mana secara terus menerus selalu mendapatkan barang baru,” ujar Dr Randy Frost, seperti dikutip dari AAP, Senin (23/8/2010).

Dr Frost mempresentasikan lokakarya mengenai masalah ini dalam acara 27th International Congress of Applied Psychology (ICAP) di Melbourne, Australia. Ia juga mengungkapkan bahwa gangguan ini mempengaruhi sekitar 2-5 persen masyarakat.

Namun kondisi ini berbeda dengan gangguan obsesif kompulsif (OCD), karena pada penderita OCD biasanya didorong oleh rasa cemas, stres atau ketakutan. Sedangkan orang yang memiliki penimbunan kompulsif seperti belanja didasari oleh kesenangan atau ketertarikan terhadap objek tertentu.

“Sangat sedikit dokter yang tahu bagaimana memperlakukan gangguan ini dengan baik, padahal dalam kasus-kasus tertentu hal ini bisa mengancam jiwa seseorang terutama jika ia menimbun barang-barang berbahaya seperti barang yang mudah terbakar,” ungkapnya.

Dr Frost yang juga sebagai profesor psikologi di Smith College, Massachusetts menuturkan biasanya orang yang suka menimbun barang ini percaya bahwa ada bagian hidupnya yang akan hilang jika barang-barang tersebut disingkirkan. Dan juga timbul rasa kehilangan yang besar atau melebihi rasa cemas dan sedih ketika membuang barang-barang tersebut.

Perilaku ini seringkali terlihat bersamaan dengan ganguan mental lainnya. Karena itu sekitar 25 persen orang yang suka menimbun barang secara kompulsif ini menderita gangguan mental dan sekitar 50 persennya mengalami depresi klinis.

Source:
http://health.detik..com/read/2010/0…tal?l991101755

  1. Agustus 16, 2013 pukul 3:23 am

    Tulisannya Sangat Bermanfaat, dan Sangat Komplit, Sukses Selalu

    Salam
    http://rajagrosirkosmetik.com/
    081.946.330.746 (XL)
    0838.11.2525.24 (Axis)
    081.2323.26.994 (Tsel)
    328CE940 (Pin)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: